Bagi yang sering memasak, tidak dipungkiri lagi pasti ada aja panci kamu yang ada bekas gosong hingga kerak membandel yang tentunya cukup mengganggu dan membuat peralatan masak kamu jadi tidak cantik. Berikut tips untuk kamu menghapus bekas membandel tersebut :

1. Gunakan minuman bersoda rendah kalori

 

Caranya dengan panaskan panci yang berkerak tanpa perlu diisi apapun. Jika sudah panas, tuang minuman soda ke panci berkerak. Diamkan selama 1 malam. Lalu, usap dengan spons lembut pencuci hingga bagian gosong atau kerak terangkat. Terakhir, bersihkan dengan sabun cuci dan panci gosong sudah tidak ada lagi.

 

2. Gunakan Baking Soda dan Cuka

Kombinasi ini paling umum dan juga ampuh untuk membersihkan panci gosong baik didalam maupun diluar permukaan panci hingga peralatan rumah tangga lainnya. Cukup tuang baking soda ke seluruh bagian panci gosong atau panci berkerak. Diamkan beberapa saat, lalu tuang air panas dengan cuka secukupnya dan tunggu beberapa menit lagi. Kemudian gosok perlahan menggunakan sikat gigi hingga bagian gosong atau kerak pada panci terangkat. Lalu bersihkan panci dengan sabun cuci.

 

3. Gunakan perasan air lemon

Selanjutnya juga bisa dengan perasan air lemon untuk menghilangkan kerak membandel pada panci, dimulai dengan panaskan panci diatas kompor dalam waktu sebentar saja tanpa diisi apapun. Jika sudah panas, tuang perasan air lemon dalam jumlah banyak pada bagian gosong atau kerak panci. Biarkan selama beberapa menit sampai asam pada air lemon bereaksi. Lalu, gunakan spatula berbahan kayu atau spons lembut untuk mengikis area yang bernoda tersebut. Lalu langkah terakhir membilasnya dengan sabun cuci dan air bersih.

 

Sumber: https://belanjadapur.com/inilah-cara-menghilangkan-kerak-di-panci-yang-paling-ampuh/