Tidak bisa tidur semalaman dikarenakan kebanyakan minum kopi terlalu malam itu sangat tidak enak.Tapi mungkin, bisa mengobatinya dengan memakan brokoli karena brokoli mempunyai banyak hal yang membantu kita.

Berdasarkan Longevity melalui sprudge. Gelisah tidak bisa tidur saat malam disebabkan oleh tertinggalnya 50% kafein dalam sistem tubuh anda yang dikonsumsi pada jam 2 siang. Kafein tersebut masih berjalan disistem tubuh sekitar 8 jam kemudian. Tetapi, tenang saja kita sudah ada alternatif untuk mengurangi kafein dalam sistem tubuh kita.

Salah satu caranya yaitu dengan memakan brokoli. Brokili daat membantu metabolisme tubuh dalam meproses kafein lebih cepat. Jurnal Current Drug Metabolism, menyataan bahwa brokoli menginduksi enzim sitoktom P450 yaitu enzim yang berfungsi untuk mempercepat laju metabolisme kafein menjadi reaksi kimiawi organik.

Nah, berapa jumlah brokoli yang harus kalian konsumsi untuk mempercepat metabolisme kafein? berdasarkan penelitian jurnal diatas, partisipan mengkonsumsi brokoli sebanyak 500g dalam waktu 6 hari sebelum diberikan 100g kafein dihari ke 7. Jadi, Kita harus memakan kurang lebih 1 pon brokoli untuk melihat kesuksesan brokoli dalam sistem metabolisme tubuh kita.

Ternyata ada alternatif lain jika kalian tidak suka brokoli. kalian bisa makan seperti kembang kol, lobak, sawi, bok coy, kubis, kangkung, wasabi, dan sayuran sejenisnya.

Jadi apakah brokoli dapat membantu metabolisme kafein dalam tubuh? jawabannya tergantung. Malah sekarang sudah ada sajian kopi dengan brokoli yaitu Broccoli latte. Yang terpenting adalah kalian dapat meminum kopi sebanyak dan kapanpun kalian mau dengan jumlah yang moderat tetapi tetap ingat untuk makan sayuran.

Sumber:

https://sprudge.com/broc-talk-eating-broccoli-may-help-you-metabolize-caffeine-185203.html

https://longevitylive.com/anti-aging/had-your-coffee-too-close-to-bedtime-heres-how-to-fix-it/

https://benthamscience.com/journals/current-drug-metabolism/

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/11/080000720/brokoli-campur-kopi-cara-lain-penuhi-asupan-sayuran-mau-coba-?page=all